A
 
Dies Natalis Poltekkes Kemenkes Padang
Admin(ZN)
29/09/2020 22:50 WIB
27 September 2020 kemarin diadakan Acara Pembukaan Dies Natalis ke-19 Poltekkes Kemenkes Padang yang dihadiri oleh Direktur Poltekkes Kemenkes Padang, Wadir I,II dan III, Seluruh anggota senat, Kepala pusat , kepala unit, Para Ketua jurusan, Sekretaris jurusan, Ka. Prodi, seluruh Dosen, Tendik, Mahasiswa, Ketua alumni poltekkes, Perwakilan alumni, Bank Nagari Cabang Siteba, Lurah kampung lapai Nanggalo Bapak Yos Deki, S. Sos sebagai Perwakilan Pemerintahan dan Tokoh Masyarakat diwakili oleh Ketua RT 03 Gunung Sarik Kec. Kuranji Bapak Drs. Almasri, MT, juga dihadiri oleh keluarga Bapak Yannurdin (Pak Deden) serta Civitas Akademik Poltekkes Kemenkes Padang
Pembukaan Dies Natalis ke-19 saat ini sangat berbeda sekali. Pertama kali kegiatan Dies Natalis melalui Zoom Meeting selain itu salah seorang Dosen Poltekkes Kemenkes Padang Bapak Yannurdin Berpulang ke Pangkuan Ilahi, Bertepatan saat kita bergembira ria menyampaikan ucapan Dies Natalis ke-19. 19 tahun yang lalu tepatnya 27 September 2001 merupakan awal tonggak sejarah pendirian Poltekkes Kemenkes Padang. Diawali dengan diterbitkannya SK Menteri Kesehatan tentang Organisasi dan Tata Kerja Politeknik Kesehatan tanggal 16 April 2001. Sebagai tindak lanjut SK tersebut 27 september 2001 merupakan tanggal pembentukan Tim Panitia Persiapan atau Ad Hoc Poltekkes Padang yang merupakan gabungan 4 akademi pada waktu itu yaitu akademi kesehatan lingkungan, akademi gizi, akademi keperawatan dan akademi kebidanan. Pada tahun 2004 akademi keperawatan gigi bukittinggi bergabung dengan poltekkes padang, sebagai salah satu bidang studi di jurusan keperawatan.
Guna memenuhi tenaga kesehatan serta menampung minat masyarakat untuk menempuh pendidikan tinggi di poltekkes kemenkes padang maka pada tahun 2017, Kemenristek Dikti menyetujui berdirinya program studi Sarjana Terapan Promosi Kesehatan dan Tahun 2018 berdirilah Jurusan Promosi Kesehatan di Potekkes Kemenkes Padang dan pada tahun yang sama berdiri program studi profesi Sarjanan Terapan berdasarkan SK Kemendikti Tahun 2018. Sampai awal tahun 2019 Poltekkes Kemenkes Padang mempunyai 6 jurusan dengan 12 program studi. Sebagai peringatan dan ungkapan rasa syukur dies natalis ke-19 poltekkes kemenkes padang mengelar kegiatan dengan tema Peduli, Kreatif dan Produktif di tengah Pandemi Covid 19 yang mengandung makna bahwa segenap civitas akademki poltekkes kemenkes padang mempunyai komitmen bersama untuk meningkatkan kepedulian terhadap seluruh civitas maupun masyarakat sekitar, selanjutnya kreativitas, produktivitas dari dosen, tendik dan mahasiswa perlu ditingkatkan dimasa Pandemic Covid ini.
Rangkaian kegiatan dies natalis pada hari ini dibagi dalam 3 rangkaian kegiatan :
1. Pembukaan dies natalis yang dilaksanakan secara virtual dengan kegiatan
• Mendengarkan testimoni dari alumni yang dapat menjadi spirit bagi mahasiswa-mahasiswa.
• Penyerahan bantuan beasiswa dengan tiga kategori; beasiswa mahasiswa berprestasi dari keluarga kurang mampu secara ekonomi dimasa pandemi covid. Penyerahan beasiswa dari Mitra yaitu Bank Nagari kepada mahasiswa yang berasal dari keluarga kuranga mampu. Penyerahan beasiswa secara simbolis dari alumni jurusan kesehatan lingkungan kepada perwakilan mahasiswa jurusan kesehatan lingkungan.
• Kegiatan menyerahkan 23 ribu masker kepada masyarakat secara simbolis yang akan diterima langsung oleh perwakilan pemerintahan yaitu Lurah Kampung Lapai Bapak Yos Deki, S. Sos beserta perwakilan dari tokoh masyarakat yang diwakili oleh ketua RT 03 Gunung Sariak Kec. Kuranji Bapak Drs. Almasri, MT
2. Sidang senat terbuka dengan agenda orasi ilmiah dengan mengangkat tema Perempuan tetap produktif dan berkarya dimasa Pandemi Covid-19 dengan menghadirkan narasumber dari kementerian kesehatan, anggota DPR Pusat, Guru besar UI dan internal poltekkes kemenkes padang yang akan direncanakan 12 Oktober 2020.
3. Perlombaan secara online baik nasional maupun antar poltekkes bagi semua civitas akademik, dosen. tendik dan mahasiswa.
Penutupan kegiatan Dies Natalis ke-19 bertepatan dengan Hari Kesehatan Nasional tanggal 12 November 2020. Kegiatan Dies Natalis kali ini waktunya cukup panjang, diharapkan adanya sinergi dan partisipasi sangat penting untuk mensukseskan dies natalis ke-19.
Pada Pembukaan Dies Natalis ini menampilkan video-video ucapan selamat dies natalis dari berbagai instansi dan alumni. Dari Instansi diwakili oleh Direktur RS J HB Saanin Padang Ibu Drg. Ernoviana M. Kes dan Direktur SDM, keuangan dan UMUM Rumah Sakit Otak Dr. Drs Muhammad Hatta Bukittinggi Ibu Zainetti, SKM, MM. Sedangkan dari Alumni disampaikan oleh Ketua alumni Poltekkes Kemenkes padang Dr. Budhi Mulyadi, M. Kep, Sp.Kom, Perwakilan Alumni dari Kesling Bapak Dr. Rosidi Roslan, SKM, MPH, MH, Keperawatan Bapak Evi Surianto Amran RN, Kebidanan Ibu Zulfiwiyanti, S. SiT, M. Kes, Keperawatan Gigi Ibu Rukmawati, AMKG, SKM dan Jurusan Gizi disampaikan oleh Bapak Dr. Entos Zainal, SP, MPHM. Selanjutnya acara Flashback kenangan indah almarhum Bapak Yannurdin melalui video dan berdoa bersama untuk beliau. Acara Pembukaan Dies Natalis ke-19 ditutup dengan doa yang dibacakan oleh Wadir II Bapak Zul Amri, DCN, M. Kes.
menghubungi server
Q
test